Kamis, 17 Desember 2009

BLOG

Apa itu Blog ?

          Blog merupakan kependekan dari Weblog, banyak istilah atau arti dari blog itu sendiri. Beberapa orang menyebut blog sebagai diary elektronik yang berfungsi sebagai catatan harian seseorang di internet, ada juga yang menyebut blog sebagai website pribadi yang berisi tentang link-link internet yang pernah mereka kunjungi disertai dengan komentar komentar pribadi dan yang lain mengartikan blog sebagai sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan posting secara terbalik, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Sejarah Blog

          Banyak pendapat dari pakar internet bahwa asal muasal blog adalah sebuah halaman what’s New pada mosoic (browser sebelum Internet Explore maupun Nescape Navigator) yang pada saat itu blog berupa link-link yang sudah dikumpulkan oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Istilah blog itu sendiri di munculkan oleh John Barger pada tahun 1997 untuk menyebut website pribadi yang selalu di update secara kontinyu. Tahun 1998 hanya ada beberapa blog karena dibutuhkan keahlian pemrograman html untuk untuk membuat blog selain itu juga diperlukan biaya untuk membuat blog, sampai akhirnya tahun 1999 berdiri www.bloger.com yang di miliki oleh pyralab yang menyediakan pembuatan blog secara gratis dan mudah. Sejak sat itu pertumbuhan blog sangat cepat, bloger.com sendiri saat ini sudah memiliki kurang lebih 100.000 blog dengan pertumbuhan 20% pertahun.

Bloger

          Siapa sih para Blogger di Internet ini? Rebecca Blood pada Blog-nya Rebecca's Pocket mengatakan bahwa para Blogger mulanya adalah mereka yang telah mengajarkan diri mereka sendiri HTML karena mereka menyenanginya, atau mereka yang setelah seharian bekerja di kantor dot.com mereka, dan kemudian menyisakan waktu luang beberapa jam setiap harinya untuk melakukan web surfing dan memasang hasilnya pada Blog mereka. Mereka adalah apa yang ia sebut orang-orang yang antusias pada web. “These were web enthusiast.” tulisnya. Evan Williams, pendiri Blogger.com berpendapat, “Mayoritas Blogger adalah anak-anak muda atau mahasiswa. Dan banyak diantara mereka yang menggunakannya untuk berkomunikasi dengan teman-temannya.”. Setiap orang tentu saja dapat membuat Blog-nya masing-masing, tapi seperti yang dikatakan Evan, Blogger saat ini kebanyakan terdiri dari para penulis diary muda yang dinamis, offbeat dan punya opini untuk segala hal. Dalam kata lain mereka adalah generasi yang tidak takut berpendapat dan mengungkapkan pendapat mereka. Membuat blog selain dapat melatih menulis, menuangkan pemikiran-pemikiran dan melihat cara pandang kita dari sisi yang lain bisa juga dikembangkan mempunyai fungsi-fungsi dari sebuah website yaitu sebagai media promosi media informasi dan sebagainya. Ketika seorang blogger menuliskan apa yang ada di pikirannya, maka ia akan sering berkonfrontasi dengan pikiran-pikiran dan opininya sendiri. Menulis Blog, atau Blogging, setiap hari akan membuat Blogger menjadi penulis yang lebih percaya diri. Dengan terbiasa mengekspresikan pikirannya pada Blog-nya, seorang Blogger dapat dengan lebih baik mengartikulasikan opininya. Blog bahkan dapat menjadi semacam terapi jiwa. Tentu saja tidak semua orang adalah seorang Natural-Born Blogger dan dapat memproduksi Blog yang menarik. Di luar sana ada banyak Blogger yang merasa perlu mendokumentasikan diri setiap kali ia bersin, atau anak-anak muda yang menuliskan “Saya bosan” atau “School Sucks!” setiap tiga jam sekali. Amy Jo Kim seorang konsultan dan pengarang buku “Community Building on the Web: Secret Strategies for Succesful Online Communities”, menulis bahwa diperlukan beberapa syarat dasar khusus untuk menjadi seorang Blogger, yaitu kemampuan untuk mengekspresikan diri, keinginan untuk berkomunikasi dengan orang banyak dan minat pribadi pada “keterusterangan”. Blog dengan caranya sendiri sepertinya membuat hidup, pikiran, opini dan kegiatan Bloggernya lebih mempunyai tujuan dan lebih teratur.

Komunitas Blog

           Saat ini kita bisa menjumpai berbagai macam blog dengan berbagai topic pembahasan, bisa berisi pemikiran-pemikiran seseorang, bisa merupakan blog pribadi untuk menampilkan foto, bisa juga merupakan pengumuman supaya bisa di baca semua orang berupa undangan pernikahan. Saat ini juga sering di jumpai orang lebih memilih membuat blog dari pada website untuk menampilkan sesuatu karena pembuatan dan cara perawatan yang relative murah. Untuk menghindari penulisan nama yang panjang digunakan forwader berekstensi .tk yang saat ini masih tersedia secara gratis di www.dot.tk, sehingga suatu blog yang bernama panjang bisa di rubah menjadi nama pendek, misalnya www.28mei06.blogspot.com menjadi http://www.abi.tk/

Contoh-contoh Blog

• Blog Sebagai Diari - Angelina Sondahk
• Blog yang membahas tentang bahasa indonesia

Diblog ini kita bisa menemukan semua hal yang berhubungan dengan bahasa indonesia
• Planet.terasi.net,

          Blog yang mengulas blog-blog lain, kita bisa mencari berbagai macam blog berdasarkan criteria disini Salah satu blog yang mengulas tentang pendidikan.

Membuat Blog

          Banyak provider yang menyediakan blog secara gratis, salah satunya adalah Bloger, untuk memulainya : buka internet explorer kemudian tuliskan di addres-nya www.bloger.com

Langkah 1
• Klik “Create your Blog now” untuk memulai mebuat blog,
• Masukan semua data yang di perlukan
• User name : Nama yang akan kita pakai untuk login atau megedit Blog sama seperti Id pada email, harus unik tidak boleh sama dengan orang lain, tidak boleh ada spasi
• Centang Tanda kotak di depan I accept The Term of Service
• Password : Sandi atau Pin, minimal 6 karakter
• Display Name : Tulisan Nama yang akan di tampilkan pada
• Email Addres : Masukan alamat email kita disini berguna untuk meminta password baru kalo kita lupa atau sebagai pemberitahuan kalo ada informasi dari pengelola blog.
• Setelah semua terisi dengan benar, klik pada continue

Langkah 2
• Masukan Informasi yang dibutuhkan :
• Blog Title : Tulisan yang akan tampil pada header
• Blog Addres : Alamat URL blog, .blogspot.com otomatis ditambahkan di belakangnya.
• Word Verification : Masukan karakter yang terlihat, setiap computer akan menampilkan kode yang berbeda
• Setelah selesai semua, klik pada continue.

Langkah 3
• Memilih template atau tema blog yang sudah di sediakan : Pilih salah satu tampilan blog yang disukai kemudian klik lingkaran, setelah itu klik continue.
• Blog yang kita buat sedang dalam proses. Setelah tampil seperti ini maka blog yang kita buat sudah jadi,
• klip pada star posting untuk memulai mengisi blog yang baru dibuat.
Start Posting
• Setelah blog jadi, kita bisa mengisinya dengan berbagai macam topik, masukan
title (judul tulisan) kemudian isikan tulisan di kolom yang lebar.
• Setelah Selesai apa yang ingin di tulis, kemudian klik publish posh.
• Klik Pada View Blog (in New Windows) untuk melihat hasil blog yang baru kita buat.
• Setelah selesai kita bisa Signout.
           Untuk masuk dan mengedit, menambah atau posting ke blog, caranya sama dengan membuat, buka internet explorer kemudian tuliskan lagi di addres www.blogspot.com, masukan user id dan password kemudian klik sing in.
           Posting Gambar untuk mem posting atau manampilakan gambar prosesnya sama dengan posting text biasa tinggal kita klik pada, ikon gambar.
           Pilih posisi layout foto kemudian klik pada upload foto Klik Brows kemudian pilih File yang akan di upload. Tunggu Proses uploading, kemudian setelah selesai klik done, kemudian rebpublish setelah itu klik di view blog new windows untuk melihat hasilnya.
Edit Post
          Untuk Mengedit post, masuk ke dasbord kemudian klik tanda + atau new post, setelah masuk ke tampilan posting pilih pada edit post, kemudian klik tulisan edit pada posting yang akan kita edit, setelah itu rubahlah apa yang ingin di rubah kemudia klik publish post.
Memasukan foto ke profile

          Untuk memasukan foto ke profile, masuk ke dashbord kemudian pilih edit profile, kemudian masukan alamat url foto yang mau di pakai, Jika belum punya url foto, maka pertama yang harus kita lakukan adalah posting sebuah foto ke dalam blog kita. Setelah semua proses berhasil dan foto sudah tampil di blog kita masuk lagi ke post editor kemudian pilih edit post. Setelah tampil menu edit rubah ke mode HTML, kemudian copy – kan alamat url dari foto tersebut dengan cara blok alamat kemudian klik kanan pilih copy. Masuk ke edit profile kemudian copy-kan ke photo url Setelah itu klik save kemudian klik pada republish blog.

• Ukuran foto tidak lebih dari 50 kb
• Setelah foto tampil pada profile, foto didalam posting bisa di hapus
Merubah Template
          Template yang kita pilih pada saat membuat masih kita ganti dengan cara, pilih tab template kemudian klik pada pick new. Kemudian pilih template mana yang akan kita pakai, klik pada Use this Template. Setelah itu seperti biasa republish blog. Jika template yang disediakan dirasa kurang, kita bisa mengambil template dari sumber lain Misanya dari http://blogger-templates.blogspot.com, kita copy code HTML kemudian masuk ke edit template – Edit Current, setelah itu hapus semua code HTML yang ada ganti dengan code HTML yang kita ambil dari bloger-templates. Kemudian simpan dan republish blog.

           Tambahan / Plug in yang bisa di tambahkan ke dalam Blog http://rapidfeeds.com Æ Untuk membuat kolom index berita yang diambil dari site yang lain http://www.shoutmix.com -> menambahkan komentar Dari berbagai sumber di Internet
******** Selamat Mencoba ********


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berikan Pendapatmu...