Jumat, 21 Januari 2011

Nokia X5



Desain

Bagi tangan reguler, mungkin akan aneh ketika menggenggam X5. Terasa berat dan kotak. Warna pink menyala dominan di antara steinless peraknya. Terbuat dari material yang kokoh, X5 memiliki engsel geser yang mulus dan ringan. Geser permukaan layar ke atas guna menyingkap keyboard qwerty di dalamnya. Dihiasi tombol pengatur volume pada sisi kiri body, port audio 3,5mm dan charge di bagian kepala. Karena termasuk anggota seri XpressMusic, maka tersedia tombol pintas ke music player di dekat tombol ‘End Call’.


Bayangkan model Nokia E72 dibagi 2 di mana keypadnya disembunyikan di balik layar. Itulah gambaran terdekat X5. Keyboard qwerty yang terselubung di balik layar, mirip dengan E72. Baik susunan, ukuran, dan material juga sama. Tiap tutsnya cembung menjulang di tengah dan terbuat dari plastik membal (seperti karet).

Layar berdiameter 2,36 inch memang agak kecil untuk posturnya. Model layar horizontal tanpa dukungan sentuh dan akselerometer memang mengurangi nilai jualnya. Dengan kedalaman 256 ribu warna dan resolusi 320x240 pixels, X5 mampu memperlihatkan warna yang terpadu. Kemampuan di bawah sinar matahari pun tergolong baik.

Catatan
Bukan ponsel dengan layar sentuh dan tidak mendukung akselerometer.

Fitur

Inilah keunggulan seri X di Nokia. Fitur musik dari varian XpressMusic tidak sembarang. Audio yang dikeluarkan dari speaker body maupun earset yang dipaketkan, terbilang lumayan. Suara speaker kencang hingga mencapai 110,5dB (cukup tinggi). Terdapat fitur baru yang ditambahkan Nokia pada seri X5 ini yakni ‘Suprise Me’, cukup putar ponsel di atas meja saat memainkan musik untuk berpindah ke lagu lain secara acak.

Bersenjatakan kamera 5 Megapixel, X5 dapat mengambil foto dengan resolusi maksimal 2592 x 1944 pixels. Fitur pembantunya tergolong standar dengan fungsi zoom, lampu kilat, white balance, timer, dan night mode. Untuk merekam video, X5 dapat menghasilkan format MP4 dengan resolusi 640x480 pixels dalam durasi yang tak terbatas (tergantung memori).

Salah satu dari 6 shortcut yang dipajang Nokia pada setingan awal X5 adalah game bernama Dance Fabulous. Game tari modern tersebut menampilkan gerakan-gerakan dalam menari modern.

Kinerja

Berbekal baterai berjenis lithium ion dengan tenaga 950 mAh, X5 dapat bersiaga hingga 5 hari aktif dengan pemakaian standar. Hal tersebut terbilang sangat lama jika dilihat dari kekuatan baterai di bawah 1000 mAh. Berkat layar ponsel yang kecil sehingga tidak menguras banyak tenaga. Menurut vendor, X5 dapat meladeni pembicaraan telpon selama 3,5 jam tanpa henti.

Tampilan luar yang sangat berbeda dengan tipe Nokia lainnya mungkin akan sedikit meragukan untuk pelanggan membelinya. Namun tidak perlu khawatir dengan kinerja software yang sepadan dengan tipe lainnya. Banderol harga Rp1,8 juta, X5 cukup mumpuni dengan fitur push email dan WiFi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Pendapatmu...