Powered By Blogger

Senin, 18 Oktober 2010

Hari Pertama Kerja


Hari pertama kerja telah kujalani. Berawal dari bangun pagi karena menunggu 2 teman yang datang ke kos belakangan. Perot yg pertama, datang jam 4 pagi, membuat mimpi indahku buyar karena suara ringtone Hp-ku. Disusul Said yg datang kira2 jam ½ 6. Setelah mandi2 dan berpakaian rapi layaknya sales, jam 6.15 kami berangkat kerja ber-4 (ditambah Adit yg datang menghampiri).
Sempat sarapan dulu, nasi pecel + teh anget seharga 6ribu perak, kami pun sampai di perusahaan jam ½ 8. Lapor satpam untuk bertemu Pak Arif (Ka.Bengkel), disuruh menunggu karena beliau belum datang. Jam 8 Pak Arif pun datang dengan mobil Xenia (yg ternyata inventaris Kantor). Dikarenakan beliau sedang sibuk, kami pun disuruh menunggu kembali. Lama kami menunggu sampai jam 10.00 waktu Sby. Sempat membuat kami emosi, ngantuk dan akhirnya tidur. Sepertinya kesabaran kami sedang diuji, Said yg ga tahan malah berencana “ngobong” perusahane (hahaha...tentunya just kidding).
Jam 10.00 kami menemui Pak Handoyo (Boz’e) yg baru datang. Kami langsung dibawa masuk bengkel dan disuruh untuk mengoperasikan mesin CNC...’edan pow!! Gek pertama, langsung kon nyekel mesin!’ padahal aku kan dari prodi Mekatronika yg notabene ga bersinggungan langsung dengan mesin CNC. (jan Boz’e ngasak abiz). Beruntung kami dipertemukan dengan Pak Arif terlebih dahulu. Setelah Pak Handoyo pergi kami pun ngobrol2 santai dengan Pak Arif. Berkenalan, tanya asal-usul, keahlian apa yg kami bisa, sejauh mana pengetahuan yg kami dapat dari ATMI. Dari situ beliau dapat menentukan di bagian mana kami bisa ditempatkan. Setelah dijelaskan secara rinci akhirnya aku dan Perot yg dari jurusan Mekatronika ditempatkan di bagian assembling dan Otomasi. Kami mempelajari sistem kontrol kerja dari mesin yg dibuat oleh perusahaan beserta wiringnya. (perlu tak jelaske dulu, kalo perusahaan di t4ku tu bergerak di bidang pembuatan mesin packaging. Bila kalian tau mesin itu yg nantinya membuat produk sachet-an seperti royko, milo, pantene, dll). Dan untuk mereka yg dari prodi Teknik Mesin Industri, yaitu Said dan Adit, ditempatkan pada bagian mesin CNC.
Untuk hari pertama ini kami diberikan kesempatan untuk masa orientasi / pengenalan mesin, pengoperasian, dan sosialisasi. Benar kata pembicara seminar waktu yudisium (yg aku lupa namanya), “kalo kita nanti di dunia industri, kita akan merasakan bahwa kita ternyata tidak tau apa2 dg kata lain semakin ‘BODOH’. Karena banyak hal di luar sana yg belum tentu kita pelajari di ATMI”. Tapi aku senang karena banyak hal yg bisa aku pelajari dan berpotensi menjadi bekalku di kemudian hari untuk menjadi “SUSKES” (Amiiin...)
Sedikit sharing dari apa yg aku dengar dan rasakan. Aku banyak mendengar keluh kesah yg keluar dari mulut, teman2ku, karyawan yg bekerja disitu, maupun dari mulutku sendiri. Memang bekerja disini bukan hal yg nyaman dan enak, dengan gaji yg kecil, bekerja dari pagi hingga malam (tekanan fisik maupun batin). Namun aku menyadari kalo aku pun bukan siapa2 disini, memang ada title A.Md from ATMI diatas ‘kepalaku’ tapi itu belum cukup membuktikan bagaimana kualitasku. Oleh sebab itu, aku berusaha untuk bertahan! Untuk membuktikan kapasitas dari potensi yg bisa kugali dari diriku.
itulah pengalaman pertamaku dalam bekerja. Aku berharap dan ber’Doa agar aku diberikan semangat, kekuatan, untuk menjalani hari2ku selanjutnya. Begitupun Doa dan Harapan’ku padamu Teman2ku, kiranya kaliyan tak patah semangat menghadapi kehidupan baru yg kita jalani.
Kutunggu cerita2 menarik dari kaliyan...
Salam Hangat buat Angkatan 40....
”ENDLESS SACRIFICE”
Never Stop Getting The Aim

2 komentar:

Berikan Pendapatmu...